Kurikulum

Fakultas Teknik dan Kejuruan berperan memfasilitasi semua prgram studi untuk melakukan pengembangan kurikulum melalui penyediaan dana, sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses penyusunan dan pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum telah menjadi salah satu program sangat strategis yang secara berkala dilakukan oleh fakultas guna meningkatkan kualitas lulusan serta mendukung atmosfer akademis agar semakin kondusif, sehingga pada akhirnya meningkatkan daya saing di Tingkat nasional.

Kurikulum yang berlaku saat ini pada masing-masing jurusan di lingkungan Fakultas adalah kurikulum 2012, kurikulum 2013, dan kurikulum KKNI. Masing-masing kurikulum digunakan sesuai tahun angkatan mahasiswa.

Model pembelajaran yang digunakan pada Program Fakultas adalah model pembelajaran yang berbasiskan metode PBL (Programe Base Learning), SCL (Student Center Learning) dan penerapan kurikulum berbasis kompetensi. Koordinasi selalu dilakukan antara pihak pengelola dengan Jurusan maupun Prodi, guna menjamin terlaksananya proses pembelajaran yang maksimal.

Fakultas di Undiksha berusaha untuk menciptakan atmosfir akademik dan sekaligus memperkuat perilaku akademik bagi seluruh sivitas akademikanya. Beberapa kebijakan yang dilakukan pengelola untuk meningkatkan suasana akademik diantaranya memprogramkan kegiatan akademik seperti pertemuan pimpinan dengan mahasiswa (Forum Komunikasi Mahasiswa), pembatasan jumlah pembimbing, otonomi keilmuan, mimbar akademik untuk meningkatkan interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa.

Dalam menciptakan suasana akademik, pengelola menekankan pentingnya perkuliahan dengan sistem kredit semester (sks) pada setiap semester dalam pertemuan antara pimpinan program magister dengan mahasiswa baru.

Kurikulum dirancang untuk mampu menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas dibidang Teknik dan Kejuruan, baik kependidikan dan non-kependidikan, menggunakan sistem kredit semester dengan beban kredit 146-148 sks, lama studi 4 tahun paling cepat untuk S1 dan beban kredit 118-120 sks, lama studi 3 tahun untuk D3. Dalam perkuliahan, mahasiswa diberikan wawasan ilmu pendidikan, keguruan, materi computer, elektronika, dan busana dan boga. Perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, meliputi kegiatan teori di kelas dan praktikum di laboratorium, presentasi, seminar, karya tulis ilmiah, praktek lapangan, penulisan dan ujian skripsi.

 

Pin It on Pinterest

Shares
Share This